Saat berselancar di media sosial atau e-commerce, tentu rasanya menggiurkan melihat produk-produk kosmetik dan skincare yang bertebaran. Namun, saat mengingat gaji, kendala mulai muncul di pikiran. Jangan langsung menyerah begitu saja! Anda pun bisa tetap tampil cantik tanpa bangkrut di bulan tua dengan menerapkan tips mengatur keuangan berikut ini.

Rancang Anggaran Khusus

Skincare memang umumnya memiliki masa pakai yang cukup panjang. Jadi, sebenarnya cukup menyisihkan sedikit saja dana untuk membeli skin care di bulan-bulan selanjutnya. Pisahkan anggaran khusus untuk skincare agar tidak terpakai untuk hal lain dan malah mengambil uang dari alokasi kebutuhan sehari-hari saat waktunya restock skincare.

Skincare rata-rata cukup untuk 2-3 bulan. Karena itu, menyisihkan dana 150-200 ribu per bulan pun sudah cukup untuk membeli skincare baru meskipun gaji pas-pasan. Simpan dalam amplop atau dompet terpisah agar tidak tercampur dengan anggaran lain.

Hindari Kalap Membeli Skincare Sebelum Produk Lama Habis

Salah satu “penyakit” yang paling berbahaya adalah kalap membeli produk skincare baru saat yang lama masih tersedia. Hal ini adalah mimpi buruk bagi status keuangan Anda. Pertama, tentu ini adalah tindak pemborosan. Kedua, skincare lama yang masih tersisa memiliki masa pakai optimal yang bervariasi.

Ketika Anda kalap membeli skin care baru, skincare lama semakin lama semakin berkurang khasiatnya sehingga sama saja dengan terbuang sia-sia. Pastikan untuk menghabiskan skincare lama terlebih dulu sebelum membeli varian lain. Tidak periu khawatir kelewatan diskon. Sabarlah, selalu ada periode diskon selanjutnya.

Maksimalkan Potensi Produk Kosmetik

Seperti skincare, kosmetik pun tidak kalah pentingnya. Apalagi jika sudah berkaitan dengan tuntutan kantor. Cara mengatasi agar tidak boros membeli kosmetik adalah memaksimalkan fungsi tiap produk kosmetik yang dimiliki.

Misalnya, belilah produk multifungsi seperti lipstik yang dapat digunakan sekaligus menjadi blush on atau eye shadow. Bisa juga memanfaatkan eye shadow matt sebagai kontur. Dengan demikian, Anda bisa menghemat biaya alih-alih membeli dua jenis produk secara terpisah.

Orang bilang, banyak jalan menuju Roma. Hal penting yang perlu Anda terapkan selain tips di atas adalah kontrol diri. Ingatkan diri Anda untuk tidak kalap da nasal beli produk tanpa mempertimbangkan ketersediaan dana dan manfaatnya bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.