Di era pandemi Covid-19 seperti sekarang kita perlu meningkatkan imun tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Berolahraga merupakan salah satu cara yang efektif untuk menjaga kesehatan. Di sisi lain kita disarankan tidak berkegiatan di luar rumah untuk terhindar dari virus yang tengah melanda dunia tersebut.

Untuk itu, berolahraga di rumah adalah solusi. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan di rumah adalah pilates. Apa itu pilates dan manfaatnya bagi kesehatan?

Pilates adalah jenis olah raga yang berfokus pada keseimbangan, fleksibilitas dan penguatan postur tubuh. Beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika rutin melakukan pilates adalah sebagai berikut.

Membentuk postur tubuh

Gerakan-gerakan dasar pilates dapat melatih tubuh untuk bergerak dalam kekuatan otot dan harmoni untuk membentuk postur menjadi lebih proporsional. Pilates dapat membantu Anda dengan masalah postur tubuh akibat kebiasaan duduk maupun berkegiatan yang salah.

Melatih Keseimbangan

Manfaat kedua adalah untuk meningkatkan keseimbangan. Latihan pilates memiliki fokus utama pada kekuatan otot perut. Otot perut yang kuat dapat meningkatkan keseimbangan tubuh secara menyeluruh. Banyak atlet yang melakukan pilates untuk menunjang keseimbangan tubuh mereka saat bertanding.

Meningkatkan fleksibilitas

Seiring dengan meningkatnya kegiatan online dan bekarja dari rumah akibat situasi pandemi, badan pun semakin kaku akibat lebih sering duduk di depan layar komputer. Pilates dapat mengembalikan fleksibilitas otot dan membuat tubuh jadi lebih segar. Seiring gerakan pada latihan pilates otot-otot tubuh pun akan meregang. Begitu pula dengan persendian. Gerakan peregangan inilah yang dapat membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh Anda.

Selain tiga manfaat tadi, pilates juga dapat meningkatkan metabolisme untuk produksi energi. Latihan ini dapat melatih sirkulasi pernapasan, meregangkan otot dan tulang belakang, serta menambah produksi energi dan kebugaran.

Terakhir, pilates juga dapat melatih daya tahan tubuh. Olahraga ini pun sangat tepat untuk Anda yang ingin membentuk tubuh dan memiliki otot yang kencang secara keseluruhan. Tetaplah rajin berolahraga meskipun di rumah saja untuk meningkatkan daya tahan dan kebugaran tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.