Saat memberi laptop baru, mungkin Anda akan mengalami kesulitan saat melihat spesifikasi, termasuk spesifikasi perangkat penyimpanan. Satu gawai menggunakan penyimpanan SSD, lainnya HHD, dengan harga yang berbeda pula. Lalu mana yang lebih baik?

Dalam memilih perangkat penyimpanan, terdapat beberapa faktor yang bisa menjadi pertimbangan. Dengan mengetahui perbedaan antar faktor tersebut, maka akan lebih mudah untuk memilih gawai mana yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet Anda.

Spesifikasi Fisik

SSD memiliki ukuran yang lebih tipis sehingga cocok untuk laptop yang tipis dan ringan serta memiliki desain cangkang yang kompleks. Sedangkan HHD berukuran agak lebih tebal yaitu 7 mm dan 15 mm. Namun, laptop-laptop berusia lama juga bisa dipasang SSD tipe ukuran 7 mm.

Kecepatan Performa

Bagi Anda yang membutuhkan laptop untuk proses “berat” seperti desain atau game, SSD memiliki performa multifungsi dan loading yang lebih baik serta booting lebih cepat. HDD terbaru pun sebenarnya cukup memadai, tetapi dalam hal multifungsi dengan load yang cukup berat, SSD lebih disarankan.

Kapasitas Penyimpanan

Dari aspek kapasitas, HDD menawarkan kapasitas yang jauh lebih lapang dibanding SSD. Saat ini HDD bahkan tersedia dengan kapasitas 12 TB. Sementara SSD relatif lebih kecil dalam hal kapasitas memori. Meskipun tersedia pula SSD dengan kapasitas lebih besar, namun semakin besar kapasitas SSD, harganya pun akan semakin melambung.

Konsumsi Daya

Dibandingkan HDD, SSD lebih hemat daya karena lebih jarang berputar dibanding HDD saat melakukan penyimpanan. Meskipun memang perangkat penyimpanan umumnya hanya memakan 10% daya dibanding LCD dan prosesor yang membutuhkan lebih banyak daya untuk beroperasi.

Biaya

Harga perangkat penyimpanan secara garis besar ditaksir berdasarkan biaya per satuan gigabyte. HHD memiliki harga yang paling rendah dibandingkan SSD. SSD dengan kapasitas 250GB sampai 500GB umumnya masih bisa dijangkau. Namun, dengan harga yang sama Anda bisa mendapatkan HDD dengan kapasitas yang jauh lebih besar. SSD dengan kapasitas di atas 500GB perlu mengocek kantong cukup dalam.

Karena itu, sesuaikan antara kebutuhan dan bujet dalam memilih perangkat penyimpanan. Jika Anda lebih membutuhkan faktor kapasitas dengan harga terjangkau, HDD bisa menjadi pilihan. Namun, jika faktor performa dinilai lebih diperlukan, maka SSD adalah jawabannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.