Traveling memang asyiknya dilakukan bersama teman maupun keluaga. Namun, solo traveling pun memiliki sensasi berpetualang yang cukup unik. Masalahnya, pergi sendiri ke tanah asing memiliki risikonya tersendiri. Bagi Anda yang bingung menentukan destinasi, hasil survey dari Economist Intelligence Unit dapat menjadi bahan pertimbangan.

EUI secara berkala melakukan survey melalui 72 item penilaian untuk menilai tentang keamanan dan keselamatan 60 kota di dunia. Lima indikator utama yang diperhatikan adalah keamanan digital, infrastruktur, kesehatan, lingkungan, serta keamanan pribadi. Penasaran? Berikut daftar beberapa kota teraman di dunia versi EUI.

Compenhagen, Denmark

Ibu kota Denmark ini menempati peringkat pertama sebagai kota teraman di dunia. EUI memberikan skor 82,4 untuk Compenhagen. Kota ini memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi, dinilai dari tingkat rendahnya tingkat kejahatan selama 10 tahun kebelakang.

Selain itu, Conpenhagen dinilai memiliki kesenjangan ekonomi yang lebih sempit dibanding kota-kota negara lain. Pemerintah pun menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, mulai dari kepolisian, gingga sekolah untuk menjaga keamanan kotanya.

Singapura

Peringkat kedua diduduki oleh kota Singapura dari negara dengan nama yang sama. Skor 80,7 yang disandang Singapura dinilai dari tingkat keamanan digital, jaminan kesehatan dan kenyamanan. Bahkan, Singapura dikenal sebagai kota terbersih di dunia.

Terkait masa pandemi, pemerintah Singapura pun bertindak dengan sigap baik dari segi tracing dan pencegahan. Warga didorong untuk melakukan vaksinasi dan dijamin kemudahannya dalam mengakses tes deteksi COVID-19.

Tokyo, Jepang

Sejak lama, Jepang adalah negara yang dikenal dengan tingkat kriminalitas rendah. Keamanan kota Tokyo pun bisa dibilang sangat terjamin. Dari segi tata kota, Tokyo menduduki peringkat ke-5 mendahului Sydney, Australia.

Tokyo pun terkenal dengan budayanya yang khas dan kemudahan pelayanan. Namun, tantangan traveling sendiri ke negeri matahari terbit ini adalah sulitnya mencari warga lokal yang mampu berbicara bahasa inggris.

Wellington, Selandia Baru

Terakhir adalah Wellington di Selandia Baru dengan skor 79 oleh EUI. Meski demikian, Wellington menempati peringkat pertama dari kemananan lingkungan. Wellington juga dikenal dengan keindahan pemandangan alam dan keramahan penduduknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *