Rusia telah lama dikenal sebagai negara tujuan pelajar, mulai dari pelajar teknik hingga kedokteran. Ditetapkan oleh Duma (Majelis Parlemen Rusia) sejak bulan Januari 2021, kini pelajar asing maupun wisatawan mancanegara dapat mengunjungi Rusia dengan visa elektronik atau e-visa.

Visa elektronik ini  sebenarnya sudah diberlakukan sejak tahun 2019 lampau oleh pemerintah Rusia. Namun, hanya terbatas pada beberapa destinasi di antaranya Kaliningrad, Sankt Peterburg, dan Distrik Federal Timur Jauh. Tahun ini, seluruh kota di Rusia sudah dapat dikunjungi tanpa harus melakukan pengurusan visa melalui visa elektronik.

Visa elektronik ini dapat diajukan melalui laman resmi Kementerian Luar Negeri Rusia. Durasi pembuatannya pun hanya memakan waktu singkat, sekitar 4 hari kalender. Visa elektronik yang telah disetujui memiliki masa berlaku 60 hari untuk single entry.

Namun, masa menetap di Rusia maksimal sleama 16 hari dengan menggunakan e-visa. Karena itu, sebaiknya rencanakan perjalanan Anda dengan baik mengingat luasnya wilayah Rusia.

Pertanyaan penting lainnya adalah harga pengurusan. Terkait biaya, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Evgeny Ivanov menyatakan bahwa biaya pembuatan e-visa adalah sekitar 50 USD bahkan gratis bagi anak usia 5 tahun ke bawah.

Masalah yang harus dipikirkan selanjutnya adalah waktu yang tepat terbang ke Rusia. Mengingat kondisi pandemic saat ini, ada baiknya untuk mempelajari tingkat kasus di kota tujuan dan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Tentu Anda tidak ingin kunjungan berharga ke Rusia jadi ambyar karena terhalang kebijakan protokol kesehatan bukan? Persiapkan perjalanan Anda dengan baik sesuai protokol yang berlaku. Kemudian, faktor selanjutnya adalah iklim. Rusia adalah negara 4 musim yang memiliki kondisi berbeda bergantung pada wilayah tujuan.

Jika ingin lebih lama menetap di Moskow, waktu terbaik untuk terbang adalah ketika musim panas. Bisa juga mendatangi Moskow di musim salju untuk melihat pemandangan memukau kota Moskow yang berselimut salju. Namun, jangan lupa siapkan baju hangat ya.

Jika Anda berminat mengunjungi, waktu terbaik adalah akhir Mei hingga awal Juli pada masa “ malam putih”. Dalam rentang waktu ini, Sankt Peterburg selalu tampak seperti siang hari karena matahari nyaris tidak pernah tenggelam pada masa ini. Fenomena menarik bukan? Selalu juga protokol kesehatan dan selamat berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.