Penggunaan teknologi dalam layanan keuangan bukanlah hal baru. Sebagian besar transaksi keuangan baik di bank atau perusahaan jasa keuangan lain saat ini telah gandrung dibantu oleh beragam teknologi. Namun, peran teknologi dibatasi hanya sebagai fasilitator transaksi tersebut.

Perusahaan masih harus bersaing dengan menavigasi legalitas yurisdiksi, mendominasi pasar keuangan, dan menyusun standar yang berbeda untuk memungkinkan transaksi. Decentralized finance adalah suatu sistem teknologi yang dipersenjatai dengan sekumpulan protokol perangkat lunak umum dan blockchain publik sehingga dapat menempatkan teknologi di posisi depan dan pusat transaksi dalam industri jasa keuangan.

Decentralized finance (DeFi) adalah suatau sistem yang memuat produk keuangan di jaringan blockchain publik yang tidak terpusat atau decentralized. Artinya, produk-produk keuangan tesebut dapat digunakan siapa pun tanpa perantara seperti bank atau broker sebagai pusat. Tidak seperti pembuatan rekening bank atau peminjaman dana, DeFi tidak memerlukan syarat informasi pribadi.

Proses transaksi dapat dilakukan secara langsung antar kedua belah pihak secara individual yang diawasi ketat oleh perangkat lunak khusus sebagai “mata objektif” daripada instansi tertentu seperti hari ini. Berbagai macam teknologi dan protokol dikembangkan untuk untuk mencapai tujuan desentralisasi.

Sistem terdesentralisasi dapat terdiri dari, contohnya, gabungan teknologi sumber terbuka, blockchain, dan perangkat lunak berlisensi. Sistem ini kemudian dapat merancang “kontrak cerdas” berisi syarat dan ketentuan kedua belah pijak secara otomatis sesuai kasus. DeFi biasanya ditempatkan di wilayah blockchain dan cryptocurrency. Tapi cakupannya dapat jauh lebih luas.

DeFi memanfaatkan teknologi untuk memisahkan model terpusat dan memungkinkan penyediaan layanan keuangan di mana saja untuk siapa saja tanpa terganggu oleh faktor subjektif individu seperti budaya, etnis, gender dan lain-lain. Layanan dan aplikasi DeFi sebagian besar dibangun di atas blockchain publik, dan mereplikasi penawaran standar umum yang berlaku atau menawarkan layanan inovatif yang dirancang khusus untuk ekosistem DeFi.

Pada saat yang sama, DeFi memberi otoritas lebih besar pada pengguna produk keuangan dan atas keuangan mereka melalui dompet pribadi dan layanan perdagangan yang secara eksplisit melayani pengguna individu, bukan institusi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.