Barang elektronik memang memiliki masa guna layaknya makanan yang memiliki tanggal kadaluarsa. Laptop adalah barang elektronik yang sudah seperti teman hidup dewasa ini. Sebagai perangkat vital, tentu semakin baru dapat diasumsikan laptop tersebut memiliki performa yang semakin baik.

Namun, pernahkah Anda melihat seseorang menggunakan laptop keluaran 5 bahkan 10 tahun lalu dan tetap dapat berfungsi dengan baik? Ternyata, rahasianya adalah perawatan. Merawat laptop tidak sesulit kelihatannya. Dengan perhatian yang baik, laptop baru Anda pun bisa jadi akan berumur panjang. Simak langkah-langkah berikut untuk mempelajari rahasianya.

Pilih permukaan datar untuk menggunakan laptop

Cara yang paling mudah adalah menentukan tempat Anda laptop-an. Langkah sederhana ini dapat secara signifikan membantu memperpanjang umur laptop. Laptop yang digunakan pada permukaan empuk seperti sofa atau kasur dapat menghambat sirkulasi udara dalam laptop.

Alhasil, udara panas tidak dapat keluar dari laptop dan membuat laptop cepat panas. Hal ini dapat mempersingkat umur laptop. Pilih permukaan datar yang keras. Jika perlu gunakan cooling pad untuk membantu kerja fan mendinginkan laptop.

Rajin Membersihkan Laptop

Cara kedua ini sering diabaikan, terutama oleh pengguna laptop baru. Kebersihan adalah hal penting agar laptop tetap awet. Tumpukan debu dalam laptop dapat menghambat perputaran kipas pendingin sehingga laptop pun akan cepat panas dan rusak. Jangan lupa untuk membersihkan semua port agar tidak terjadi masalah pendeteksian perangkat.

Hindari Laptop dalam Mode Sleep

Dalam mode sleep, sebenarnya hard disk dan memori masih harus menjalankan kerjanya untuk siap beroperasi saat dinyalakan kembali. Hal ini dapat berdampak pada kerusakan hard disk atau kehilangan data.

Penggunaan laptop pun sebaiknya dibatasi. Jika aktivitas laptop dibiarkan terlalu lama, maka laptop berisiko mengalami panas berlebih atau overheat. Hal ini tentu dapat memperpendek umur laptop. Berilah jeda di setiap penggunaan laptop untuk mendinginkan mesinnya.

Tunggu Sejenak Sebelum Menutup Laptop

Setelah digunakan selama berjam-jam, laptop masih akan menyimpan panas meskipun telah dimatikan. Jika laptop langsung ditutup sesaat setelah dimatikan, akumulasi panas dapat menyentuh layar dan merusak permukaannya. Tunggulah sejenak hingga laptop lebih dingin sebelum menutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *