Ada banyak faktor yang mempengaruhi penjualan ketika Anda memiliki website toko online gratis di marketplace. Faktor tersebut antara lain deskripsi produk, ulasan, kata kunci judul, dan juga visual produk. Postingan dengan foto ala kadarnya tentu kurang menarik perhatian calon pembeli serta membuat mereka kemungkinan beralih ke toko lainnya.

Anda pun bisa sejenak mencoba membayangkan sebagai pembeli. Ketika hendak membeli sesuatu, apakah Anda lebih mudah tertarik dengan iklan yang memiliki foto bagus? Meskipun tidak menjadi satu-satunya penentu untuk membeli, setidaknya foto menarik akan menangkap perhatian Anda terlebih dahulu.

Pentingnya Visual Produk untuk Berjualan di Website Toko Online Gratis Marketplace

Saat ini, ada banyak platform jual beli yang memfasilitasi para pebisnis online pemula, salah satunya adalah marketplaces.co.id. Marketplaces merupakan salah satu alternatif OLX di mana pengguna bisa membuat toko online secara gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun. Nantinya, produk yang sudah diunggah akan ditampilkan dalam bentuk kolom sehingga aspek visual perlu diperhatikan.

1. Mampu meningkatkan kepercayaan

Alasan utama kenapa visual sangat penting adalah karena dapat meningkatkan kepercayaan calon pembeli. Bagaimana tidak, hal pertama yang mereka lihat ketika berselancar di marketplace adalah kumpulan gambar-gambar produk.

Tanpa tampilan menarik, mereka tidak akan mungkin memilih produk Anda dan membuka halaman penjualan secara lebih lengkap. Foto bagus juga akan membuat mereka lebih mudah melihat detail produk layaknya sedang melihatnya secara langsung.

2. Memberikan gambaran secara jelas

Menyambung dari pembahasan sebelumnya, sebelum membeli konsumen akan mempertimbangkan banyak hal untuk memastikan barang tersebut benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Jika berbelanja secara langsung, mungkin hal tersebut dapat dilakukan dengan melihat serta merabanya.

Akan tetapi, di marketplace online semua itu tidak memungkinkan. Sebagai gantinya, Anda perlu memberikan kualitas gambar terbaik agar mereka dapat melihat secara detail produknya. Dengan begitu, calon pembeli bisa membayangkan apakah produk tersebut benar-benar bagus atau tidak.

Tips Mempercantik Visual Produk

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercantik tampilan iklan sehingga potensi dilirik calon pembeli akan lebih besar. Silakan terapkan satu per satu kemudian evaluasi apakah cara tersebut memberikan dampak atau tidak.

1. Resolusi tinggi

Jangan pernah menggunakan foto produk resolusi rendah ataupun blur. Ketika pembeli merasa tidak nyaman saat melihat produk, maka keinginan untuk membeli bisa turun secara drastis. Jadi, usahakan untuk menggunakan gambar dengan resolusi tinggi.

2. Pencahayaan baik

Saat memotret produk, usahakan lakukan di tempat terang atau pencahayaan yang baik. Tujuannya adalah supaya detail barang bisa lebih muncul. Jika perlu, Anda bisa menyewa studio khusus pemotretan produk agar mendapatkan hasil gambar lebih tajam dan berkualitas tinggi.

3. Variasi sudut pandang

Hindari menggunakan banyak foto namun hanya dari satu titik saja. Lakukan pemotretan di berbagai sudut pandang produk seperti depan, belakang, kanan, kiri, atas, dan bawah. Cara ini akan membantu pembeli mendapatkan gambaran secara lengkap.

Dengan mempercantik aspek visual, maka website toko online gratis Anda akan lebih mudah dilirik pembeli. Akan tetapi, sekali lagi perlu ditekankan bahwa ini bukan menjadi satu-satunya faktor penentu terjadi pembelian.

Anda juga tidak boleh melupakan faktor-faktor lainnya seperti kualitas produk. Meskipun tampilannya menarik, ketika kualitas produk jelek maka hal tersebut akan berpotensi menyebabkan pembeli kecewa dan memberikan ulasan negatif di toko Anda. Tentu saja ini tidak baik karena membuat calon pembeli berikutnya ragu bertransaksi.